Minggu, 10 Januari 2021

Teknik dan Strategi Pemasaran

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.....

Salam Sejahtera bagi kita semua......

Om Swastyastu...

Namo Buddhaya....

Salam Kebajikan.....

     Hy guysss, di blog saya kali ini saya akan membahas tentang Teknik dan Strategi Pemasaran mulai dari apa tujuannya, prinsip, prencanaan, dan bahkan sampai ke kegiatan pemasarannya. Mudah-mudahan apa yang saya tulis di blog saya kali ini dapat bermanfaat pagi pembaca sekalian, dan sebelumnya apabila ada kesalahan kata yang ada dalam blog saya ini saya memohon maaf yang sebesar-besarnya, dan langsung saja berikut materinya.

    Sebelum kita masuk lebih dalam mengenal pemasaran, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu pemasaran?? Pemasaran adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum atau pengertian lainnya yaitu adalah kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen (probe), menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen (product), menentukan tingkat harga (price), mempromosikannya agar produk dikenal kosumen (promotion), mendistribusikan produk ketempat konsumen (place).

    Nahh.. setelah kita tahu pengertian pemasaran, selanjutnya kita juga harus mengerti apa tujuan serta prinsip kita melakukan pemasaran itu sendiri, perlu diketahui bahwa tujuan pemasaran adalah bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan, dan dibeli oleh konsumen atau dapat juga kita katakan bahwa tujuannya untuk mengusahakan mencapai titik impas antara total biaya produksi dengan total volume penjualan. Selain itu, pemasaran juga berfungsi memperluas cakupan promosi, dan berusaha lebih memperbesar cakupan volume penjualan. Lalu prinsip pemasaran itu sendiri adalah menciptakan nilai bagi langganan (costum value), keunggulan bersaing (competitive advantages) dan focus pemasaran (focus).

A. Perencanaan Pemasaran

    Tentunya seseorang yang ingin melakukan pemasaran harusnya memiliki strategi/rencana kedepannya ketika akan menerapkan pemasaran itu sendiri, berikut adalah 4 point dalam perencanaan pemasaran :

1. Penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan riset pasar harus diarahkan dan dibutuhkan konsumen, berapa jumlahnya, Kualitas yang bagaimana, siapa yang membutuhkan, dan kapan mereka membutuhkan.

2. Memilih pasar sasaran khusus (special target market) Ada tigajenis pasar sasaran khusus, yaitu sebagai berikut :

  • Pasar individual (individual market).
  • Relung pasar (niche market).
  • Segmentasi pasar (market segmentation).

  • 3. Menempatkan Starategi Pemasaran dalam Persaingan, Ada 6 strategi untuk memenuhi permintaan dan Iingkungan yang bersaing yaitu sebagai berikut :
    • Orintasi pada pelanggan (customer orientation).
    • Kualitas (quality), ialah mengutamakan TQM (Total QualityManagement) yaitu efektif, efisien dan tepat.
    • Kesenangan (convenience), yaitu memfokuskan perhatian pada kesenangan hidup
    • kenyamanan, dan kenikmatan.
    • lnovasi (inovation), yaitu harus berkonsentrasi untuk berinovasi dalam produk, maupun proses.
    • Kecepatan (speed), atau Time Compression Management (TCM).

    4. Pemilihan Strategi Pemasaran, Strategi pemasaran adalah paduan dari kinerja wirausaha dengan hasil pengujian penelitian pasar sebelumnya dalam hasil pengujian dan penelitian pasar sebelumnya dan mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran.

    B. Teknik Strategi Pemasaran

    Berikut adalah istilah-isltilah penting dalam pemasaran :
    • Penetrasi pasar adalah stanegi pemasaran untuk meningkatkan jumlah penjualan barang-barang dan jasa- jasa yang sudah ada dengan memperbesar usaha- usaha penjualan dan penjualan.
    • Staretegi pengembangan pasar mencoba meningkatkan penjnalan dengan memperkenalkan produk barang dan jasa yang ada pada pasar baru.
    • Strategi pengembangan produk mencoba meningkatkan penjualan dengan memperkenalkan produk dan jasa baru pada pasar yang sudah ada.
    • Segmentasi pasar merupakan strategi pemasaran yang sangat terkenal bagi usaha yang baru.

    Dalam melakukan pemasaran tentunya kita harus dibekali dengan ilmu-ilmu pemasaran pula, seperti salah satunya adalah teknik-teknik pemasaran itu sendiri, berikut teknik dalam pemasaran terkhusus untuk usaha-usaha baru :

    1. Teknik penetuan harga : Untuk produk baru, dalam menetapkan harga bagi produk baru, wirausaha hendaknya mencoba memuaskan tiga objek, yaitu sebagai berikut :

    • Hasilkan produk yang dapat diterima oleh konsumen potensial, tidak peduli berapa banyaknya.
    • Pelihara pangsa pasar yang diakibatkan oleh tumbuhnya persaingan.
    • Memperoleh Iaba.

    2. Teknik penentuan harga : Untuk barang produksi, Tiga pilihan harga untuk menentukan harga terhadap barang-barang yang diproduksi, yaitu :

    • harga di atas harga pasar untuk produk yang sama;
    • harga di bawah harga pasar;
    • harga pada harga pasar.

    a). Startegi Penetrasi Harga (Price Penetration), Menetapkan harga di bawah harga normal. Strategi ini digunakan bila memperkenalkan produk barunya ke pasar tempat terdapat penjual produk yang sama dan terdapat persaingan yang tinggi agar barang yang dihasilkan diterima oleh pasar.

    b). Strategi Harga Skiming (Skiming Price), Menetapkan harga di atas harga normal. Strategi ini digunakan bila memperkenalka produk baru ke pasar tempat terdapat sedikit sekali atau tidak ada pesaing sama sekali.

    c). Strategi “ Sliding -Down- The- Demand- Curve“, Tujuan dari strategi ini adalah untuk merebut keunggulan bersaing melalui keunggulm teknologi.

    d) Strategi “ Follow -the- Leader- pricing“, Biasa dilakukan oleh pedagang kecil dengan mengamati berbagai kebijaksanaan harga pesaing dan harga individual dengan meninjau periklananya.

    3. Teknik Penentuan Harga : untuk Barang Industri.

    a) Strategi Cost- Plus Pricing, Digunakan hanya untuk barang-barang industri, yaitu dengan menambahkan profit margin yang dikehendaki terhadap biaya-biaya langsung sepedi biaya bahan baku.ongkos tenaga kerja, biaya overhead, biaya penjualan, dan biaya penjualan dan biaya administrasi. 

    b) Pembiayaan Langsung dan Formulasi Harga, Pembiayaan yang langsung berhubungan dengan volume produksi, misalnya biaya yang ditunjukkan untuk bahan baku, ongkos, tenaga kerja, dan overhead pabrik, seperti sewa.

    c) Penentuan Harga Jual Model Pulang Pokom (Break- Even), Penentuan harga jual dalam model ini dilakukan dengan menghitung besamya persentasi tertentu dari total penjualan yang digunakan untuk biaya variable.

    4. Teknik Penentuan Harga : untuk Jasa, Perusahaan jasa harus menentukan harga berdasarkan material yang digunakan untuk menyediakan jasa, tenaga kerja, dan untuk memperoleh Iaba. Berikut alat-alat dalam Penentuan Harga :

    1) Mark-up, yaitu metode penentuan harga dengan cara menambahkan sejumlah biaya tertentu pada penjualan untuk menambah Iaba.

    2) Analisis pulang pokok (Break Event Point), Digunakan untuk menutupi biaya variable dan untuk menutupi biaya tetap.

    C. Kegiatan/Kiat Pemasaran

        Dinamakan pemasaran suatu produk pasti memiliki fungsi terutama bagi usaha-usaha baru yang memiliki produk untuk dipasarkan atau dikenalkan ke calon konsumen, berikut fungsi-fungsi pemasaran terutama bagi usaha-usaha baru :
    • Barang dapat dikenal oleh calon konsumen,
    • Meningkatkan target penjualan,
    • Menambah keuntungan,
    • Memperluas jaringan bisnis,
    • Mengetahui perilaku kompetitor.
        Setelah kita mengetahui fungsi-fungsi pemasaran selanjutnya adalah kegiatan pemasaran sertatip dan triknya, yaitu sebagai berikut :

    a) Cari peluang pasar, langkah yang dilakukan untuk melihat ada atau tidak adanya peluang pasar yang dituju yaitu sebagai berikut.
    • Amati kebutuhan apa yang paling banyak diperlukan oleh masyarakat sekitar.
    • Kapan saja mereka membutuhkan barang.
    • Lihat karakteristik konsumen.
    • Bagaimana daya beli (kemampuan bayar) konsumen.
    • Lihat ada pesaing atau tidak.

    b) Tempat yang tepat, cari tempat memasarkan barang yang cocok dan strategis misalnya mall/pusat perbelanjaan, jalan raya, dll.

    c) Banyaknya barang yang dibutuhkan.

    d) Tentukan target apa yang hendak kita capai.

    Kesimpulan

        Pemasaran merupakan sekumpulan rancangan kegiatan yang berkaitan untuk mengetahui kebutuhan konsumen dan pengembangan, mendistribusikan, mempromosikan, serta menetapkan harga yang sesuai dari produk atau jasa untuk mencapai kepuasan pelanggan dan memperoleh keuntungan. Strategi pemasaran mencakup pengidentifikasian konsumen sasaran, menentukan peranan periklanan dan bauran promosi, menunjukkan tujuan dan besarnya anggaran promosi, memilih strategi kreatif, menentukan media, serta melaksanakan program tersebut dan mengukur efektifitasnya.

        Pemasaran dalam suatu usaha memiliki peranan yang sangat penting dalam rangka mengenalkan produk dan meningkatkan penjualan. Dapat dikatakan kunci suatu produk dapat cepat laku dimasyarakat adalah terletak pada segi pemasarannya. Apabila dalam suatu bisnis strategi pemasaran dapat dilakukan dengan baik dan tepat, maka bisnis tersebut akan cepat sekali berkembang dan begitupun sebaliknya.

    Berikut adalah video tambahan yang mungkin bisa anda tonton agar ilmu anda tentang pemasaran lebih dalam lagi :





        Sekianlah blog saya kali ini tentang Teknik dan Strategi Pemasaran, saya berharap mudah-mudahan apa yang saya bagikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan tak lupa pula saya mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kata-kata dalam blog saya ini yang kurang berkenan bagi anda, karena saya hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan sungguh kebenaran hanyalah milik allah SWT, Sekian dan Terima Kasih....

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.....

    Salam Sejahtera bagi kita semua......

    Om Swastyastu...

    Namo Buddhaya....

    Salam Kebajikan.....









    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Digital Marketing

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..... Salam Sejahtera bagi kita semua...... Om Swastyastu... Namo Buddhaya.... Salam Kebajikan.......