Minggu, 20 Desember 2020

Tips & trik serta tutorial pitch deck

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.....

Salam Sejahtera bagi kita semua......

Om Swastyastu...

Namo Buddhaya....

Salam Kebajikan.....

    Hy guysss, apa kabar????  mudah-mudahan baik ya... sebelumnya saya berterima kasih karena telah menyempatkan waktu untuk singgah diblog saya ini, diblog saya kali ini mungkin akan sedikit berbeda dari blog-blog saya sebelumnya, di kesempatan kali ini saya tidak hanya akan sekedar sharing ilmu tapi saya juga akan sharing bagaimana mengaplikasikan ilmu tersebut, dan pembahasan di blog saya kali ini adalah seputar pitch deck. 

Pengertian Pitch Deck


    Sebelumnya pasti ada yang masih bingung apasih pitch deck itu??? pitch deck adalah sebuah presentasi singkat yang menjelaskan gambaran umum mengenai rencana bisnis yang akan kita kembangkan. Dengan bantuan tersebut, kita bisa menjelaskan seperti apa produk yang akan kita kembangkan itu kepada calon investor dan membuat mereka tertarik memberikan pendanaan untuk bisnis yang akan kita buat. Pitch deck biasanya dibuat menggunakan berbagai macam tools umum seperti PowerPoint, KeyNote, atau Prezi.

    Tak hanya bermanfaat untuk menjelaskan rencana bisnis, pitch deck juga bisa dimanfaatkan/digunakan saat bertemu dengan perusahaan lain untuk bekerja sama atau orang yang akan menjadi calon co-founder bisnis kita. Dari sini sudah bisa kita tahukan apa tujuan dari pitch deck itu sendiri, yaitu untuk menarik investor agar mau membiayai atau mendanai bisnis yang akan kita buat.  Oleh karena itu, dalam membuat pitch deck tidaklah boleh asal-asalan. Tampilannya haruslah menarik serta informatif.  Lebih lanjut, dalam pitch deck biasanya terdiri dari beberapa slide dan menceritakan dengan jelas apa tujuan dan lingkup bisnis yang akan kita kembangkan.

    Setelah mengetahui pengertian, tujuan dan juga manfaat dari pitch deck, selanjutnya adalah hal-hal apa yang harus kita perhatikan dalam membuat pitch deck bisnis yang akan kita kembangkan yaitu tentang hal-hal yang wajib ada dalam pich deck kita. Terdapat tiga hal yang dapat menjadikan pitch deck kita potensial untuk menarik perhatian para investor. Ketiga hal tersebut adalah memiliki tampilan yang sederhana, meyakinkan, dan tujuan bisnisnya realistis untuk dijalankan.

    Selanjutnya berapasih jumlah ideal slide yang ada di suatu pitch deck?? jawabannya adalah sekitar 10 slide tergantung dari tema bisnis yang akan kita bahas. Kesepuluh hal tersebut, yaitu :
  1. Judul,
  2. Permasalahan yang menjadi alasan bisnis kita,
  3. Nilai lebih yang ditawarkan bisnis kita,
  4. Besaran market,
  5. Model bisnis yang akan dijalankan,
  6. Rencana pemasaran,
  7. Analisis terhadap kompetisi bisnis yang dijalankan,
  8. Team management,
  9. Proyeksi keuangan,
  10. Apa yang telah dilakukan, serta apa yang akan dilakukan jika mendapatkan pendanaan.

Tips & Trik serta Tutorial Pitch Deck


    Utamanya, yang titik berat point yang paling dilihat dari pitch deck adalah isi. Namun, terdapat faktor lain yang tak boleh kita kesampingkan. Agar lebih menarik, kita juga harus mengolah pitch deck menjadi lebih wowww lagi seperti pada tampilan, kalimat-kalimat yang disampaikan, serta hal lainnya. Berikut adalah hal-hal yang bisa kamu terapkan dalam dan saat kamu menjelaskan pitch deck :

1. Gunakan aturan 10/20/30

    Aturan yang cukup terkenal oleh Guy Kawasaki ini maksudnya adalah, pastikan slide pitch deck kita tidak lebih dari 10 slide, waktu presentasi tidak lebih dari 20 menit, dan ukuran font yang digunakan tidak kurang dari 30.

2. Awali dengan Elevator Pitch

    Elevator pitch sendiri merupakan penjelasan yang luas dan singkat mengenai perusahaan. Sampaikan ini di awal dengan satu atau dua kalimat pembuka. Ini dapat menjadi daya tarik bagi calon investor untuk mengetahui lebih jauh tentang bisnis kita.

3. Masukkan Demo

    Hal berikutnya yang harus diperhatikan saat membuat pitch deck adalah demonstrasi produk. Jangan lupa untuk memasukkan beberapa video atau foto yang menjelaskan seperti produk yang  dikembangkan perusahaan kita.

4. Sampaikan kesempatan pasar yang akan diraih

    Ide bisnis kita mungkin memang luar biasa, namun, kita juga harus tetap menjelaskan mengapa ide tersebut cocok diterapkan di target pasar yang akan dituju.

5. Sampaikan dimana kita bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis kita 

    Dengan ide yang luar biasa tersebut, kita harus menyampaikan kepada investor bagaimana ide tersebut bisa mendatangkan pemasukan bagi perusahaan dan investor itu sendiri nantinya.

6. Masukkan elemen grafis

    Hindari hanya memasukkan tulisan pada presentasi bisnis kita. Masukkanlah sedikit elemen-elemen pendukung berupa grafis atau gambar agar lebih menarik. Hal ini penting terutama jika sedang menjelaskan hal-hal yang cukup berat seperti target pasar dan sebagainya.

7. Sampaikan lebih dalam tentang poin-poin utama

    Seorang investor tentu lebih memerhatikan proyeksi keuangan, informasi teknis, competitive analysis, rencana pemasaran dan branding, serta tim manajerialmu. Usahakan kamu dapat menyampaikan ini secara dalam sehingga menarik perhatian investor.

8. Jaga percaya diri saat presentasi

    Ingat, pitch deck adalah pembuka jalan untuk mengembangkan bisnis. Selayaknya presentasi pada umumnya, kita haruslah tetap percaya diri dalam menyampaikannya.

    Itulah diatas beberapa tips dan trik ketika melakukan presentasi dengan pitch deck nah selanjutnya adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang saat melekukan presentasi dan kamu bisa menyimaknya dalam video berikut :



    
    Dan selanjutnya berikut adalah video yang bisa kamu simak untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang tips membuat pitch deck :




    Nahh itulah diatas beberapa sharing penjelasan saya tentang Tips & Trik serta tutorial pitch deck, saya berharap apa yang saya jelaskan diatas dapat bermanfaat bagi kita dan dapat kita aplikasikan nantinya, serta dengan ini saya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kata yang tidak seharusnya dalam blog saya ini yang membuat anda merasa tersinggung karena saya bukanlan manusia sempurna yang luput dari kesalahan sesedunggunya hanya tuhanlah allah SWT yang memiliki kesempurnaan itu, sekian dan terima kasih....

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.....

Salam Sejahtera bagi kita semua......

Om Swastyastu...

Namo Buddhaya....

Salam Kebajikan..... 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Digital Marketing

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..... Salam Sejahtera bagi kita semua...... Om Swastyastu... Namo Buddhaya.... Salam Kebajikan.......