Rabu, 28 Oktober 2020

My Idea BMC part 2

Usaha Kerajinan dari Barang Daur Ulang pt. 2

    Di blog sebelumnya yang berjudul "Usaha Kerajinan dari Barang Daur Ulang pt. 1" saya menjelaskan tentang rencana awal bisnis yang akan saya kembangkan mulai dari tujuan, manfaat dan juga 5 block BMC dari usaha saya ini. apabila anda belum membacanya anda dapat mengklik link https://kewirausahaan-esaunggul.blogspot.com/2020/10/my-idea-bmc.html untuk membacanya terlebih dahulu sebelum lanjut ke blog part 2 ini.

    Di blog saya kali ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang ide bisnis saya, karena di blog sebelumnya saya telah memaparkan 5 blok BMC awal yaitu Costumer segments, Value propositions, Channel, Costumer relationship, dan Revenue stream maka saya akan melanjutkan untuk membahas 4 blok BMC lainnya yaitu Key resources, Key Activities, Key Partners, dan Cost structures.

6. Key Resources

    Kunci sumber daya dari usaha bisnis ini adalah bentuk produk yang berdasarkan keinginan pelanggan namun harga yang tetap terjangkau. nah, karena bisnis ini memakai bahan pokok dari limbah lingkungan yang dapat dikatakan telah dibuang pemiliknya sehingga tidak berharga lagi maka itulah faktor utama pendukung value propositions yaitu harga yang murah karena modalnya juga yang sangat terjangkau.

7. Key Activities

    Aktivitas utama dari usaha ini adalah pada proses pembuatan produk serta pemasaran dan penjualan produk ke pelanggan. Jadwal pembuatan produk disesuaikan dengan kuantitas pesanan yang ada namun tetap disejajarkan dengan kualitas produk agar menunjang kepuasan pelanggan, sedangkan pemasaran dan penjualan dilakukan secara online seperti media social, official website dengan menjunjung tinggi etika baik ketika bermedia social atau lainnya sehingga berdampak pula pada tingginya kepuasan pelanggan.

8. Key Partners

    Dalam menjalankan suatu bisnis tentunya kita tidak dapat melakukannya sendirian, nah.. di bisnis ini saya akan bekerja sama dengan salah satunya yang paling utama adalah supplier bahan limbah lingkungan sebagai pemasok bahan utama produk saya. karena bisnis dilakukan secara online maka saya akan membutuhkan bantuan market place yang ada sperti shopee,tokopedia, dll dan juga tentunya akan bekerja sama dengan jasa antar barang seperti JNE, J&T, dll. 

9. Cost Structure

    Biaya utama dari usaha ini tentunya adalah biaya bahan dan juga biaya operasional, mengapa kita butuh biaya bahan padahal bahannya dari limbah lingkungan? karena kita juga berpikir bahwa kualitas setiap limbah berbeda ada yang limbah memang masih bisa diolah ada juga yang sama sekali tidak bisa diolah, oleh karena itu kita membutuhkan supplier limbah lingkungan yang juga bekerja profesional dan melihat pula pada kualitas bahannya, akan tetapi jangan khawatir walaupun ada bahan dibutuhkan/dibeli dari supplier biayanya hanya akan bertambah sedikit dari biaya awal. biaya penunjang lainnya adalah kuota internet yang digunakan untuk marketing secara online, dan juga biaya cadangan/ biaya untuk berjaga-jaga ketika nantinya ada suatu masalah yang membutuhkan biaya.


Berikut tabel 9 BMC lengkap yang telah digabung dari blog part 1 sebelumnya :




    Itulah pemaparan saya tentang lanjutan dari 5 blok BMC di blog part 1 sebelumnya, saya harap mudah-mudahan blog saya ini memberikan manfaat bagi kita semua dan apabila ada kesalahan kata dalam blog saya ini saya sangat memohon maaf karena tidak ada manusia yang sempurna, kesempurnaan hanya milik allah SWT, saya akhiri...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh....














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Digital Marketing

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..... Salam Sejahtera bagi kita semua...... Om Swastyastu... Namo Buddhaya.... Salam Kebajikan.......