Sabtu, 24 Oktober 2020

My Idea BMC

 Usaha Kerajinan dari Barang Daur Ulang

Tujuan utama seseorang membangun sebuah bisnis/usaha adalah untuk mendapatkan keuntungan, dalam usaha saya ini saya tidak hanya fokus pada keuntungan yang saya dapatkan namun juga melihat pada aspek kebersihan lingkungan di sekitar kita, dilihat dari judul blog saya ini dapat kita simpulkan bahwa bahan utama dari usaha saya adalah barang-barang daur ulang/barang yang telah dibuang atau bahkan bisa dikatan bahwa bahannya adalah sampah lingkungan contohnya seperti botol bekas, tali bekas, kertas/koran lama dll. tentunya dengan memakai bahan dari barang yang telah dibuang/tidak bernilai lagi bagi pemiliknya ini akan menuntungkan bagi usaha saya dan juga lingkungan tentunya, disamping saya tidak mengeluarkan modal yang banyak saya juga ikut andil dalam menjaga kebersihan lingkungan. contoh gambar produknya dapat dilihat sebagai berikut :


1. Tempat koin dari botol bekas



2. Keset dari kaos-kaos usang



3. Lampu dan tempat pensil dari koran bekas






4. Tas dari koran lama


5. Tempat sendok dan pensil dari kaleng bekas





5 Block Of BMC


1. Custumer Segments

    Target Pelanggan dalam usaha saya ini dapat dikatakan dapat berlaku untuk semua kalangan mulai dari mahasiswa, siswa SD - SMA, ibu rumah tangga serta juga kolektor-kolektor barang unik/kerajinan. namun dalam membuat model-model kerajinan saya ini saya lebih fokuskan untuk kebutuhan-kebutuhan pelajar dan juga kebutuhan sehari-hari di rumah.

2. Value Proposition

    Tentunya dengan bahan yang hanya membutuhkan modal yang kecil bisa dikatakan bahwa salah satu value dari usaha saya ini adalah harganya yang murah disejajarkan dengan modal yang dipakai, dan juga dalam menjalankan usaha ini saya tidak hanya menjual barang yang telah jadi sesuai model yang saya inginkan tapi saya juga akan bersifat terbuka terhadap selara pelanggan misalnya saya menerima pesanan yang disesuaikan dengan model yang disukai oleh pelanggan  apakah warna produk, bentuk produk, besar kecil produk, dll sehingga pelanggan tidak akan bosan untuk memiliki produk yang dibuat.

3. Channels

    Untuk memperkenalkan produk ke pelanggan semua metode saya lakukan dengan bantuan internet alasannya karena proses marketing/berjualan di internet seperti social media, market place,serta official website lebih cepat serta lebih menguntungkan dari pada berjualan secara langsung atau menjualnya melewati brosur pajangan, disamping itu kita juga melihat dari situasi sekarang yaitu era virus covid-19 sehingga segala sesuatu yang berhubungan dengan kontak langsung dibatasi oleh pemerintah.

4. Customer Relationship

    Salah satu cara yang dilakukan untuk menjadikan pelanggan betah untuk membeli produk kita adalah dengan menerapkan harga yang murah ataupun diskon kepada pembeli ditambah dengan etika baik ketika berkomunikasi dengan calon pembeli.

5. Revenue Streams

    Pendapatan utama dari usaha saya ini adalah harga jual produk ditambah dengan market place profit dan dikurangi dengan biaya operational dan modal produk. Biaya operational termasuk biaya pembelian alat-alat selain bahan, paket internet (karena memakai sistem penjualan secara online).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Digital Marketing

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..... Salam Sejahtera bagi kita semua...... Om Swastyastu... Namo Buddhaya.... Salam Kebajikan.......