Sabtu, 07 November 2020

Menjadi Wirausaha, Siapa Takut....... Jadi Konglomerat Pasti Bisa!!!!!!

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh....

 Salam Sejahtera bagi Kita Semua...

Om Swaytyastu...

Namo Buddhaya...

Salam Kebajikan....

    Hy guyss, di blog aku kali ini aku akan sharing sedikit pembelajaran yang telah aku petik dari sebuah video webinar yang telah aku nonton di youtube dengan judul "Menjadi Wirausaha, Siapa Takut....... Jadi Konglomerat Pasti Bisa!!!!!!" dilihat dari judulnya saja sangat menarik bukan, divideo webinar ini sangat banyak sekali pembelajaran yang bisa diambil terutama untuk kamu yang ingin menjadi wirausaha-wirausaha muda yang sukses nantinya. dimana seorang yang ingin menjadi wirausaha yang sukses tidaklah hanya bermodal keberanian dan tekat yang berkobar saja, namun harus dibungkus dengan ilmu yang matang tentang membangun usaha itu sendiri dan karena itu pulalah saya ingin sharing di blog saya kali ini.

    Nah saya akan membahas satu materi yang menurut saya sangat menarik sekali di video tersebut, materi itu dibawakan oleh salah satu pembicara di webinar tersebut dan juga sekaligus adalah seorang direktur dan dosen salah satu universitas di jakarta tepatnya di kampus cabang tangerang dan namanya adalah Dr. Drs. Dihin Septyanto, ME, CIRR, nama dan gelarnya saja sudah bikin terpukau ya... judul materi dia bawakan adalah "Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Muda" Berikut sedikit rangkuman materinya :

Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Muda

    Tentunya kita harus mampu dulu memahami materi awal untuk ingin menjadi wirausaha, salah satunya memahami apa itu kewirausahaan, kewirausahaan adalah suatu kemampuan untuk menciptakan seuatu yang baru dan berbeda (Peter F. Ducker), pelaku kewirausahaan itu sendiri dinamakan wirausaha. sebagai seorang wirausaha kita harus memiliki ciri khas seperti sifat keberanian, keutamaan, keteladanan dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri. mungkin dalam memulainya dari nol kita tentu banyak bertanya akan banyak hal mungkin seperti diparagraf-paragraf selanjutnya dan jawabannya tentunya ada dalam diri kita sendiri.

    Pertama, apasih motivasi kita untuk menjadi wirausaha?? inilah salah satu point yang penting untuk meningkatkan tingkat kerja keras dan semangat kita dalam memulainya dan beberapa motivasi yang mungkin bisa menjadi pendorong yaitu kesempatan yang begitu luas di lingkungan kita, keuntungan yang tidak terbatas nantinya, kebebasan dalam mengelola usaha dan masih banyak lagi tergantung dan sesuai dengan persoanal masing-masing.



    Lalu garis besarnya adalah bagaimana kita menumbuhkan/meningkatakan jiwa kewirausahaan di dalam diri kita sendiri ?? Yang paling utama terlebih dahulu adalah mengenal diri sendiri, bagaimanasih kemampuan kita, seberapa tajam kita mengasahnya. lalu tumbuhkan jiwa kreatifitas dan inovatifitas kita, bagaimana caranya kita membangun bisnis yang berbeda dari yang lain, lebih unggul dari yang lain serta lebih menguntungkan pula dari yang lain. selanjutnya memiliki pikiran optimis, positif dan dilengkapi dengan mengenali lingkungan bisnis target kita. jangan lupa membangun relasi yang luas, silaturahmi selalu terjaga karena suatu saat merekalah yang mungkin kita akan butuhkan untuk membantu kita, dan yang paling penting adalah bersifat religius selalu meniatkan sesuatu karena tuhan yang maha esa, salah satu caranya adalah jujur, disiplin, serta komitmen bersikap di saat membangun usaha.



    Berikutnya, upaya pertama apa yang harus kita lakukan?? nahh tentunya membangun usaha harus dengan topik usaha itu sendiri, kita harus cerdas dan mampu dalam memilih target market yang kuat jangan pernah mendengar orang-orang yang benci terhadap usaha anda selama usaha anda juga positif, selalu melihat kedepan tidak usaha melihat orang-orang yang hanya ingin menjatuhkan anda, bangun gairah serta kesenangan dalam membangun usaha kita itu, jangan bekerja sendiri gunakan teman atau keluarga sebagai prajurit anda, terakhir cerdas dalam memilih potensi suatu mitra.






Pilihan Model Bisnis dan langkah-langkah yang harus dilakukan 




    Dalam membuat usaha kita harus bisa menjadi yang berbeda dari yang lainnya bisa jadi lebih unik, jarang ditemukan dan juga tidak mudah ditiru. nahh disinilah kemampuan kreatifitas kita terpakai secara maksimal. lalu usahakan membuat produk yang sederhana, menggunakan potensi-potensi interente sekarang seperti media-media sosial, marketplace-marketplace, dll. membuat produk yang mampu beradaptasi dengan situasi misalnya seperti saat ini kita diharuskan bisa mengikuti arus new normal, dan karena itu pula kita harus mampu berpikir kritis cara memodifikasi alur bisnis agar tetap jalan. dan lalu selalu mengamati perubahan yang ada, identifikasi kebutuhan baru dengan selalu membuka mata dengan zaman 4.0 sekarang.

    Selanjutnya adalah tentukan target market/kenali konsumen dari produk usaha kita sendiri, pastikan barang yang dijual sesuai dengan dengan sasaran konsumen yang ditentukan dan jangan sekali-kali asal jualan berprinsip "intinya saya jualan saja nanti kalau ada yang beli ya syukur" jangan!!, misalnya kita menjual risol seharga Rp 6.000 dengan kualitas premium, nah kita harus bisa melihat dimana segmen konsumen yang cocok apakah konsumen menengah keatas ataukah menengah kebawah.

    Membangung networking dan berkolaborasi untuk pertemanan atau berpartner/berkolaborasi dengan baik, karena dasarnya kegiatan bisnis itu tidak bisa sendiri. minimal milikalah 5 orang yang bisa diajak berteman terutama bagi yang umurnya masih muda sekarang, mulailah perluas relasi dengan banyak orang karena suatu saat nanti mungkin merekan akan sangat kau butuhkan. 

2 cara membangun bisnis :





1. Sistem Reseller, yaitu menjual produk ke orang lain dengan tetap menggunakan nama perusahaan dari produk tersebut berasal, seperti sebuah agensi.

2.Sistem Dropshipper, yaitu menjual barang dengan memakai nama toko/perusahaan kita sendiri, seperti punya usaha sendiri.

Kesimpulan....

    Jadi dalam memulai suatu usaha kita janganlah hanya bermodal niat dan keberanian saja namun harus dibarengi dengan ilmu-ilmu memualai usaha yang banyak. Kita juga harus bisa mengenali diri kita, apa sebenarnya potensi kita. lalu motivasi kita menjadi seorang wirausaha adalah apa sehingga nantinya menjadi pendorong kita menjalankan usaha kita tersebut.

    langkah-langkah pertama dalam memulai usaha adalah penentu awal dari apa yang akan kita panen diakhirnya nanti, kita harus cerdas dalam memulai sesuatu yang bisa menjadi besar nantinya. langkah-langkah yang bisa kita lakukan dalam memulai suatu usaha adalah dimulai dari topik usaha kita sendiri, yang diusahakna memiliki point yang menjadi keunggulan dari yang lainnya. lalu mengenali/beradaptasi dengan lingkungan sekitar misalnya mengenali segmen konsumen, beradaptasi dengan masa sekarang/ situasi sekarang (masa new normal). membangun networkin/mengajak teman serta keluarga untuk membantu menjalankan bisnis bersama dan yang terakhir selalu berdoa dan berniat melakukan seuatu karena tuhan yang maha esa seperti bersikap jujur, mandiri, konsisten dll.

   Ayooo... Jangan takut untuk memulai usaha dan jangan takut ambil resiko dan jangan takut gagal, seperti halnya Thomas alva edison yang gagal berkali-kali hingga akhirnya menemukan lampu yang menerangi hampil seluruh dunia di saat malam. Mulailah melakukan langkah-langkah kecil karena proses itulah yang akan menjadi penuntunmu dalam memulai usaha. hadapi tantangan dengan semangat, ambillah pembelajaran disetiap langkah yang anda lakukan jangan pernah putus asa bila jatuh dan jangan pula terlalu menoleh ke angkasa di saat berhasil. Dan kunci terpenting tetap harus bersabar dan berdoa kepada tuhan karena DIA-lah penentu segalanya dan selalulah konsisten.



    Itulah penjelasan materi yang berjudul "Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Muda" yang ada pada video webinar "Menjadi Wirausaha, Siapa Takut....... Jadi Konglomerat Pasti Bisa!!!!!!", apabila anda ingin melihat video pembawaan materinya oleh pak Dr. Drs. Dihin Septyanto, ME, CIRR bisa anda lihat dengan mengklik video di bawah...

1. Part 1



2. Part 2



3. part 3



    Itulah 3 part video dari penjelasan materi diatas, apabila anda ingin melihat video utuh seminar "Menjadi Wirausaha, Siapa Takut....... Jadi Konglomerat Pasti Bisa!!!!!!
" anda bisa klik https://www.youtube.com/watch?v=zPtjAicKFRs&t=7229s. Sekianlah blog saya kali ini apabila ada kesalahan penulisan kata atau kesalah lain dalam blog saya, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya karena saya bukanlah manusia yang sempurna yang tak luput dari kesalahan karena kesempurnaan hanyalah miliki Allah SWT. Sekian

TERIMA KASIH.......





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Digital Marketing

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..... Salam Sejahtera bagi kita semua...... Om Swastyastu... Namo Buddhaya.... Salam Kebajikan.......